Hal yang unik dan menarik part 4

1. Raja pertama Israel adalah Saul. Setelah Saul mati, panglimanya Saul yang bernama Abner mengangkat Isyboset, anak Saul menjadi Raja atas Israel, dan memerintah selama dua tahun. Hanya kaum Yehuda saja yang mengangkat Daud menjadi Raja di Hebron. Lamanya Daud memerintah di Hebron adalah 7,5 tahun

2. Pada jaman Musa lahir, terjadi pembunuhan bayi-bayi Israel atas perintah Firaun. Bidan Mesir yang disuruh membunuh bayi Israel yang baru lahir dan berjenis kelamin laki-laki bernama Sifra dan Pua. Tetapi keduanya takut akan Tuhan dan membiarkan bayi-bayi itu tetap hidup. Tuhan membuat mereka berumah tangga.

3. Sebelum dihanyutkan di Sungai Nil oleh ibunya, bayi Musa disembunyikan selama 3 bulan

4. Partner Musa dalam memimpin bangsa Israel adalah imam Harun. Sedangkan partner Yosua adalah imam Eleazar, anaknya Harun.

5. Pasti tahu kan kalau Petrus pernah berjalan di atas air? Tapi tahu nggak dimana terjadinya? di Danau Galilea (Matius 14:25-31)

6. Pada jaman Daud menjadi Raja, pernah terjadi kelaparan selama 3 tahun berturut-turut (2 Samuel 21:1)

7. Waktu bangsa Israel memasuki tanah Kanaan, Tuhan tidak langsung menghalau semua bangsa yang tinggal disana sekaligus, tapi sedikit demi sedikit selama setahun supaya negeri itu tidak menjadi sepi, dan segala binatang hutan jangan bertambah banyak melebihi bangsa Israel (Keluaran 23:29). Tapi pada kenyataannya, sampai Yosua mati, tanah Kanaan belum sepenuhnya dikuasai oleh bangsa Israel


8. Tahu kan kalau Musa pernah membelah laut Teberau waktu bangsa Israel keluar dari Mesir? Trus tahu juga kan kalau Yosua pernah membelah sungai Yordan ketika bangsa Israel hendak memasuki tanah Kanaan? Tapi tahukah kamu kalau Elia juga pernah membelah sungai Yordan dengan menggunakan jubahnya? Baca deh kisahnya di 2 Raja-raja 2:8

9. Ketika bahtera Nuh sudah jadi, perlu waktu 7 hari lamanya untuk memasukkan binatang-binatang ke dalam bahtera itu. 

10. Yesus melakukan mujizat pertamaNya di suatu perjamuan kawin di Kana yaitu mengubah air menjadi anggur. Berapa sih jumlah tempayan air yang dirubah oleh Yesus menjadi anggur?




11. Rahab, perempuan Kanaan yang selamat pada waktu tembok Yerikho diruntuhkan oleh bangsa Israel, ternyata adalah ibu mertuanya Rut (Matius 1). Rahab tinggal bersama bangsa Israel kemudian menikah dengan Salmon dari suku Yehuda dan memperanakkan Boas, yang adalah suami Rut.  

12. Bangsa Israel merebut tanah Kanaan dipimpin oleh Yosua lalu tanah itu dibagi ke 9,5 suku Israel, bukan ke 12 suku. Kenapa? Karena suku Lewi tidak mendapat bagian secara khusus tapi digantikan oleh Manasye dan Efraim (anaknya Yusuf). Dan sebelum mereka menyebrang sungai Yordan dan merebut tanah Kanaan, suku Ruben, suku Gad dan setengah dari suku Manasye telah mendapatkan bagian terlebih dulu. Jadi 2,5 suku ini terpisahkan oleh sungai Yordan dengan 9,5 suku lainnya. Baca deh kisahnya di Yosua 13-14

13. Yosia, berumur 8 tahun ketika diangkat jadi Raja. Ternyata tentang Yosia ini, seorang abdi Allah pernah menubuatkannya kepada raja Yerobeam, apa yang akan dilakukan oleh Yosia nantinya. Baca deh 1 Raja 13:2 dan 2 Raja 22:1  baca ayat referensi di bagian bawah Alkitab

14. Salomo mendirikan Bait Allah selama 7 tahun dan mendirikan istananya selama 13 tahun. (1 Raja 7:1; 9:10)

15. Istana Salomo ukurannya lebih besar daripada Bait Allah. Ukuran Bait Allah panjangnya 60 hasta, lebarnya 20 hasta, tingginya 30 hasta. Sedangkan istana Salomo ukurannya panjang 100 hasta, lebar 50 hasta dan tinggi 30 hasta (1 Raja 6:2; 7:2)

16. Salomo mempunyai banyak istri dan gundik, dan salah seorang mertuanya adalah Firaun, raja Mesir (1 Raja 3:1) 

17. Henokh berumur 365 tahun ketika dia diangkat oleh Allah

18. Pada jaman Yesus, untuk masuk ke Bait Allah, seseorang harus membayar 2 dirham ke pemungut bea yang ada di situ (Matius 17:24)  

19. Nama orang tua Musa adalah Amram dan Yokhebed. Amram adalah cucu dari Lewi, anak Yakub. Sedangkan Yokhebed adalah anak Lewi. Jadi Amram menikahi tantenya. Jadi kalau dilihat dari silsilah ini, Musa adalah cicitnya Lewi, atau generasi keempat dari Lewi yang berarti generasi kelima dari Yakub. (Bilangan 26:59, Ulangan 6:16-20)

20. Apakah kamu tahu, nama ayahnya Gideon dan Simson? Dan dari suku mana? Ayah Gideon adalah Yoas dari suku Manasye (Hakim 6:11) , sedangkan ayah Simson adalah Manoah dari suku Dan (Hakim 13)


Sampai jumpa di trivia Alkitab berikutnya.
Jangan lupa klik tombol share di atas ya. makasih.


No comments: