Trivia Alkitab - Yesus versus Musa

triviaAlkitab - YESUS vs MUSA

Kalau kita pelajari kisah hidup Musa dan Yesus, ada banyak kesamaan lho. Mau tahu? 
Ini dia persamaan-persamaannya

1. Pada waktu Musa lahir, bangsa Israel dijajah oleh Mesir. Pada waktu Yesus lahir, bangsa Israel dijajah oleh Roma. Baik Musa ataupun Yesus, sama-sama lahir pada saat bangsa Israel dijajah oleh bangsa lain dan berada pada titik terendah mereka.

2. Saat Musa lahir, Firaun, penguasa Mesir menyuruh untuk membunuh semua anak laki-laki Yahudi yang baru lahir (Keluaran 1:16-22). Saat Yesus lahir, Herodes menyuruh untuk membunuh semua anak laki-laki Yahudi yang baru lahir (Matius 2:16)
3. Waktu Musa lahir, ibu Musa menyembunyikannya selama tiga bulan di Mesir untuk menghindari pembunuhan bayi masal (Keluaran 2:2). Waktu Yesus lahir, Yesus dibawa ke Mesir oleh Yusuf dan Maria untuk bersembunyi dari Herodes, menghindari pembunuhan bayi masal (Matius 2:13)

4. Musa dibesarkan oleh Firaun, yang bukan ayah kandungnya (Keluaran 2:9-10). Yesus dibesarkan oleh Yusuf, yang bukan ayah kandungnya, karena Yesus lahir dari Roh Kudus (Lukas 2:33)

5. Musa ditolak oleh bangsanya sendiri dan mengambil istri dari bangsa lain, bukan orang Yahudi, yaitu Zipora (Keluaran 2:11-21). Yesus juga ditolak oleh bangsanya sendiri dan mengambil 'istri' dari bangsa lain, bukan Yahudi, yaitu gereja (2 Korintus 11:2)


6. Musa melakukan mujizat mengubah air menjadi darah, sedangkan Yesus melakukan mujizat mengubah air menjadi anggur.

7. Musa diutus Tuhan untuk menuntun bangsa Israel menuju ke Kanaan, Tanah Perjanjian (Keluaran 3:8). Yesus diutus Bapa untuk menuntun umatNya menuju ke Surga (Lukas 4:18). Surga adalah Tanah Perjanjian.

8. Musa dan Yesus sama-sama mendapat kekuatan ilahi sehingga sanggup berpuasa 40 hari 40 malam (Keluaran 34:28, Matius 4:2)

9. Musa meninggal di atas gunung Nebo (Ulangan 34) sedangkan Yesus meninggal di atas bukit Golgota 

10. Musa memberi Manna, roti dari Surga, kepada orang-orang Israel selama 40 tahun mereka di padang gurun (Keluaran 16:27-36). Yesus berkata bahwa Dialah Roti Hidup yang turun dari Surga (Yohanes 6:51)

11. Baik Musa ataupun Yesus sama-sama berkomunikasi langsung dengan Tuhan

12. Saudara-saudara Musa tidak mempercayai Musa dan mengkritiknya (Bilangan 12:1-2). Saudara-saudara Yesus juga tidak mempercayainya (Yohanes 7:5 dan Matius 13:57)




13. Setelah Musa berpuasa 40 hari 40 malam di atas gunung kemudian dia turun, wajahnya bercahaya (Keluaran 34:29). Sedangkan Yesus, ketika membawa ketiga muridNya ke atas gunung, murid-muridNya melihat wajah Yesus bercahaya (Matius 17:2)

14. Musa mengontrol Laut Merah, membelah lautnya sehingga orang-orang Israel bisa berjalan menyeberanginya. Yesus mengontrol Laut Galilea, menenangkan badai seketika ketika Yesus dan murid-muridNya sedang berlayar di laut Galilea.

15.Oleh ibunya, bayi Musa ditempatkan di sebuah keranjang sebelum dihanyutkan di sungai Nil. Sedangkan bayi Yesus, oleh ibunya dibaringkan di palungan. 

16. Nama Musa diberikan oleh putri Firaun yang artinya adalah dikeluarkan dari air (Keluaran 2:10), gambaran tentang keselamatan, baptisan air sebagai simbol lahir baru bagi orang percaya. Nama Yesus dalam bahasa Ibrani adalah Yeshua yang artinya adalah keselamatan.

17. Ketika Musa beranjak dewasa, Musa melihat penderitaan saudara-saudara sebangsanya dan timbul belas kasihan pada mereka (Keluaran 2:11)
Yesus, hatinya penuh dengan belas kasihan kepada Israel, saudar sebangsaNya, karena mereka seperti domba yang tidak mempunyai gembala (Markus 6:34)

18. Musa memulai pelayanannya secara supernatural dimana Tuhan berbicara secara langsung kepadanya melalui semak yang berduri (Keluaran 3:2-4).
Yesus memulai pelayananNya secara supernatural ketika dibaptis oleh Yohanes dan seekor burung merpati turun ke atasNya dan suara dari Sorga terdengar (Matius 3:16-17)

19. Musa melakukan banyak mujizat sesuai petunjuk dari Tuhan (Keluaran 4:4-9). Yesus juga melakukan banyak mujizat sesuai petunjuk dari Bapa di Sorga (Yohanes 5:19).
Maka Yesus menjawab mereka, kata-Nya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya Anak tidak dapat mengerjakan sesuatu dari diri-Nya sendiri, jikalau tidak Ia melihat Bapa mengerjakannya; sebab apa yang dikerjakan Bapa, itu juga yang dikerjakan Anak.

20. Ketika bangsa Israel keluar dari tanah Mesir, Musa menyuruh mereka untuk menggunakan darah domba untuk melindungi mereka dari kematian (Keluaran 12). Sedangkan Yesus adalah Domba Allah yang darahNya berkuasa membebaskan manusia dari kematian akibat dosa (Ibrani 9:11-15) 

21. Musa diutus Tuhan untuk membawa bangsa Israel keluar dari tanah Mesir untuk beribadah kepada Tuhan (Keluaran 9:1). Yesus adalah pendamai hubungan manusia dengan Allah sehingga kita bisa datang beribadah kepada Allah (Ibrani 12:28)

22. Ketika bangsa Israel mengembara di padang gurun selama 40 tahun, Musa memberi makan mereka dengan cara yang ajaib. Manna yang tersedia setiap pagi dan burung puyuh pada waktu senja (Keluaran 16) 
Yesus memberi makan 5000 orang hanya dari 5 roti dan 2 ikan (Matius 14:19-21)

23. Musa pernah naik ke gunung Sinai dan diam selama 40 hari untuk menerima dua loh batu, ketika Musa turun kembali ke perkemahan, kulit mukanya bercahaya (Keluaran 34:29)
Yesus pernah mengajak ketiga muridNya untuk naik ke atas gunung dan ketika Yesus kembali ke tempat murid-muridNya menungguNya, wajah Yesus bercahaya seperti matahari dan pakaianNya menjadi putih bersinar seperti terang (Matius 17:1-2)

24. Tuhan pernah mendatangi Musa dalam bentuk awan yang tebal (Keluaran 19:9 dan 24:16). Tuhan pernah mendatangi Yesus dalam bentuk awan (Markus 9:7)


Sampai jumpa di trivia Alkitab berikutnya.
Jangan lupa klik tombol share di atas ya. makasih.






No comments: